SEKILAS INFO
  • 11 bulan yang lalu / Masjid NDP Gelar Tarwih Pertama Ramadan 1444 H   Menyusul penetapan pemerintah bahwa puasa Ramadan 1444 H dimulai pada 23 Maret 2023, Masjid Nursiah Daud Paloh menggelar salat tarawih pertama. Jamaah adalah karyawan dan warga sekitar masjid di dalam komplek Gedung Media Group Network, Kedoya, Jakarta Barat, ini. Bertindak sebagai imam salat isya’ dan tarawih...
  • 1 tahun yang lalu / Dalam menyambut Ramadan 1443 H, DKM Nursiah Daud Paloh mengadakan lomba Vlog, Lomba Kultum, Lomba Adzan, Lomba Tahfidz
  • 3 tahun yang lalu / selamat datang di website Masjid NDP
WAKTU :

Masjid NDP Gelar Tarwih Pertama Ramadan 1444 H

Menyusul penetapan pemerintah bahwa puasa Ramadan 1444 H dimulai pada 23 Maret 2023, Masjid Nursiah Daud Paloh menggelar salat tarawih pertama. Jamaah adalah karyawan dan warga sekitar masjid di dalam komplek Gedung Media Group Network, Kedoya, Jakarta Barat, ini.

Bertindak sebagai imam salat isya’ dan tarawih pada malam pertama ramadan tahun ini adalah Ustadz Uci Sanusi. Prof. Dr. M Arskal Salim GP,M.Ag yang saat ini menjabat sebagai Plt. Sekretaris Balitbang dan Diklat Kemenag RI, bertindak sebagai khatib.

Di dalam ceramahnya yang berjudul “Menciptakan Umat Terbaik dengan Ramadan”, Prof. Arskal mengatakan bahwa sangat pantas datangnya bulan ramadan disambut penuh antusias dan bahkan dengan persiapan khusus. Ramadan adalah bulan ibadah yang amat agung dan penuh keberkahan tapi berlangsung singkat saja, hanya 29-30 hari.

Tiga keberkahan utama bulan Ramadan di antaranya adalah dibuka seluas-seluasnya pintu surga bagi umat yang bertobat. Pada saat yang sama seluruh pintu neraka ditutup dan para syaitan dikunci. Pada bulan Ramadan juga ada lailatilul qadar yang lebih baik keberkahannya dibandingkan seluruh malam selama seribu bulan.

Berpuasa yang merupakan ibadah wajib dalam ramadan, juga terbukti bermanfaat terhadap kesehatan. Tidak sedikit penyakit yang tingkat keparahan berkurang setelah penderitanya menjalan puasa secara disiplin.

“Bahkan ulama di masa lalu sejak enam bulan sebelum datangnya Ramadan berdoa agar bisa memasuki Ramadan dalam keadaan sehat,” imbuh Prof. Arskal.

Keberkahan utama ramadan akan berlalu begitu saja bila muslimin tidak meningkatkan kualitas ibadahnya. Seperti dengan salat malam, qataman Al Quran, tadarusan, bersedekah, menambah dan memperdalam pengetahuan tentang ajaran Islam.

Keberkahan utama ramadan juga tidak mungkin diraih hanya dengan menahan lapar dan haus. Justru paling utama adalah mengendalikan seluruh panca indera dan batin dari hal-hal yang dapat membatalkan pahala ramadan. Termasuk menahan diri dari dengki dan dendam.

“Maka ramadan adalah juga bulan pendidikan jasmani dan rohani. Kalau sehat jasmani dan rohani, tentu karya-karnya yang dihasilkannya adalah yang terbaik,” sambung Guru Besar Ilmu Politik Hukum Islam di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, tersebut.