SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Masjid NDP Gelar Tarwih Pertama Ramadan 1444 H   Menyusul penetapan pemerintah bahwa puasa Ramadan 1444 H dimulai pada 23 Maret 2023, Masjid Nursiah Daud Paloh menggelar salat tarawih pertama. Jamaah adalah karyawan dan warga sekitar masjid di dalam komplek Gedung Media Group Network, Kedoya, Jakarta Barat, ini. Bertindak sebagai imam salat isya’ dan tarawih...
  • 2 tahun yang lalu / Dalam menyambut Ramadan 1443 H, DKM Nursiah Daud Paloh mengadakan lomba Vlog, Lomba Kultum, Lomba Adzan, Lomba Tahfidz
  • 3 tahun yang lalu / selamat datang di website Masjid NDP
WAKTU :

99. Az-Zalzalah (Guncangan) الزلزلة

Terbit 16 March 2021 | Oleh : ndp | Kategori : Quran
99. Az-Zalzalah (Guncangan)      الزلزلة

[[99 ~ AL-ZALZALAH (GONCANGAN) Pendahuluan: Madaniyyah, 8 ayat ~ Ayat-ayat dalam surat ini berhubungan dengan salah satu peristiwa yang terjadi pada hari kiamat, seperti goncangan bumi, keluarnya kekayaan alam dan orang-orang yang telah mati dari dalam perut bumi, keheranan dan pertanyaan manusia tentang apakah gerangan yang membuatnya kaget dan terkejut, serta dibangkitkannya manusia dari kubur secara terpisah-pisah untuk mendapatkan balasan.]] Ketika bumi digetarkan dengan getaran yang sangat kuat lalu bergoncang sekuat-kuatnya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

Verse 0, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Kemudian bumi pun mengeluarkan kekayaan alam dan orang-orang mati yang ada di dalamnya.

وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

Verse 1, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Dan manusia berkata dengan penuh heran dan takut, “Mengapa bumi tergoncang dan mengeluarkan apa yang ada di dalamnya? Apakah hari kiamat telah tiba?”

وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

Verse 2, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Ketika itu bumi menceritakan kepada manusia tentang dirinya yang telah mengagetkan manusia, “Tuhan Sang Pencipta dan Pemeliharamu telah memerintahkanku untuk bergetar dan bergoncang. Maka, aku pun segera melakukan perintah-Nya itu.”

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

Verse 3, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Ketika itu bumi menceritakan kepada manusia tentang dirinya yang telah mengagetkan manusia, “Tuhan Sang Pencipta dan Pemeliharamu telah memerintahkanku untuk bergetar dan bergoncang. Maka, aku pun segera melakukan perintah-Nya itu.”

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا

Verse 4, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Ketika itu manusia bangkit dari kuburnya dan berpencar dengan cepat untuk mengetahui perhitungan dan pembalasan mereka yang telah dijanjikan Allah.

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

Verse 5, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Kemudian, barangsiapa berbuat suatu kebaikan, walaupun hanya sebesar butir debu, ia akan melihatnya dalam lembaran catatan amal perbuatan (shahîfah) dan mendapatkan balasannya.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Verse 6, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Dan barangsiapa yang berbuat suatu kejahatan walaupun sebesar butir debu, ia akan melihatnya juga dan mendapatkan balasannya. Tuhan tidak akan berbuat zalim kepada siapa pun.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Verse 7, Surah 99 – Az-Zalzala – سُورَةُ الزَّلۡزَلَةِ

Sebelumnya98. Al-Bayyinah (Bukti Nyata) البيّنة Sesudahnya100. Al-'Adiyat (Kuda Yang Berlari Kencang) العٰديٰت

Berita Lainnya