DOA KETIKA TERLILIT HUTANG

DOA KETIKA TERLILIT HUTANG
Nov20

DOA KETIKA TERLILIT HUTANG

Fikih Abu Zubair dibaca 184 pembaca

DOA KETIKA TERLILIT HUTANG
 
Di zaman now tentu hampir setiap orang memiliki hutang, namun tentu kadarnya berbeda-beda, ada yang banyak, ada juga yang sedikit, ada yang tidak bisa membayar, ada juga yang bisa membayar. 'Ala kulli hal Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam tidak mengajarkan umatnya untuk bermudah-mudahan dalam berhutang, namun bukan berarti berhutang itu tidak boleh.
Jika anda sedang pusing karena terlilit hutang, mungkin bisa mengamalkan do'a yang diajarkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam :
 
 اللَّهمَّ اكفني بِحلالِكَ عن حرامِكَ ،وأغنِني بِفَضلِكَ عَمن سواكَ
 
Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika   wa aghniniy bifadhlika 'amman siwaaka.
 
"Ya Allah, cukupilah aku dengan yang halal dari-Mu, jauh dari yang Engkau haramkan. Dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu sehingga (tidak membutuhkan) kepada selain-Mu."(HR.Tirmidzi no.3563, dihasankan oleh Albani)
 
اللهمَّ إني أعوذُ بك من الهمِّ والحزنِ ، وأعوذُ بك منالعجزِ والكسلِ ، وأعوذُ بك من الجبنِ والبخلِ ، وأعوذُ بك منغلبةِ الدينِ وقهرِ الرجالِ
 
Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazn, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasl wa a'udzubika minal jubni wal bukhl wa a'udzubika min gholabatid daini wa qohrir rijal.
 
"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan pengekangan orang lain." (HR.Abu Daud no.1555)
 
*Catatan : untuk doa yang kedua sebagian ulama mendhoifkan hadits tersebut, namun sebagian lain menghasankannya.
 
Semoga bagi yang berhutang bisa mengamalkan doa di atas, dan semoga Allah memudahkan segala urusannya. Semoga bermanfaat.
 
Abu Zubair
 
masjidnursiahdaudpaloh.com

SHARE VIA

Twitter

Penulis: Abu Zubair

Abu Zubair

Profile