PERSIAPKAN BEKALMU

PERSIAPKAN BEKALMU
Nov17

PERSIAPKAN BEKALMU

Fikih Abu Zubair dibaca 136 pembaca

PERSIAPKAN BEKALMU...
 
Orang yang cerdas adalah orang yang menyiapkan bekal dari dunia untuk akhiratnya, menghadap Rabb-Nya dengan hati yang bersih pada hari di mana harta dan anak tidak memberikan manfaat sama sekali, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
 
الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ
 
“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi no.2459, Tirmidzi berkata hadits ini hadits hasan)
 
Maka sungguh aneh seorang mu'min yang mengetahui bahwa kematian itu pasti dan kehidupan akhirat itu kekal, namun tidak menyiapkan bekal untuk akhiratnya.
 
Seorang penyair berkata dalam syairnya :
 
Malangnya engkau, wahai seorang Muslim!
 
Siapa yang akan menggantikan shalatmu setelah engkau mati?
 
Siapa yang akan mengganti shaummu setelah engkau mati?
 
Siapakah yang akan mencarikan kerelaan Rabbmu untuk dirimu setelah engkau mati?
 
Tidakkah engkau menangisi dirimu dalam sisa sisa hidupmu?
 
Siapa saja yang hidup pasti dikejar oleh kematian, kuburan pasti bakal menjadi rumahnya, tanah pasti menjadi pembaringannya dan cacing pasti menjadi temannya, sementara itu ia pun sedang menantikan ketakutan yang paling besar. Bagaimana dengan anda?
 
Kawan...sudahkah engkau persiapkan bekalmu, ingatlah firman Allah Ta'ala :
 
قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ ﴿٨﴾
 
"Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".(QS.Al Jumuah : 8)
 
Abu Zubair
 
masjidnursiahdaudpaloh.con

SHARE VIA

Twitter

Penulis: Abu Zubair

Abu Zubair

Profile