JADILAH ANDA ORANG TUA YANG SHOLIH

JADILAH ANDA ORANG TUA YANG SHOLIH
Nov07

JADILAH ANDA ORANG TUA YANG SHOLIH

Tafsir Abu Zubair dibaca 124 pembaca

JADILAH ANDA ORANG TUA YANG SHOLIH
 
Sering kita menyuruh anak-anak kita untuk menghafal Al Quran atau belajar ilmu agama, dengan niat agar anak kita dapat mengangkat derajat kita di surga.
Tentu hal ini tidak salah sama sekali, namun tahukah anda bahwa tidak hanya anak yang dapat mengangkat derajat orang tuanya namun juga orang tua dapat mengangkat derajat anak keturunannya, Allah Ta'ala berfirman :
 
وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَٰنٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ أَلَتْنَٰهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَىْءٍ ۚ كُلُّ ٱمْرِئٍۭ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ 
 
"Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya."(QS.At Thur : 21)
 
Ini adalah merupakan rahmat Allah kepada hamba-Nya yang beriman, sebagaimana dikatakan Ibnu Katsir dalam tafsirnya :
 
Allah Ta'ala  menceritakan tentang karunia dan pemberian-Nya kepada makhluk-Nya, juga kebaikan-Nya, bahwa orang-orang mukmin itu apabila anak cucu mereka mengikuti mereka dalam hal keimanan, maka anak cucu mereka itu akan diikutkan kepada mereka dalam kedudukan yang sama, sekalipun anak cucu mereka masih belum mencapai tingkatan amal mereka. Demikian itu agar hati dan pandangan para ayah merasa sejuk dengan berkumpulnya mereka bersama anak-anak mereka, sehingga mereka dapat bergabung bersama-sama dalam keadaan yang sebaik-baiknya dari segala segi. Yaitu Allah telah melenyapkan kekurangan dari amal dan menggantinya dengan amal yang sempurna, tanpa mengurangi amal dan kedudukan yang sempurna, mengingat adanya kesamaan di antara mereka.(Tafsir Ibnu Katsir)
 
Dan karena rahmat Allah lah anak keturunan kita naik ke derajat yang lebih tinggi, dan bukan kita yang turun ke derajat yang lebih rendah.
 
Dan satu lagi, bukankah jika anda sholih anda juga dapat mengangkat derajat orang tua anda, dan inilah bakti terbesar seorang anak ketika anak tersebut bisa mengangkat derajat orangtuanya di akhirat, karena tidak ada kebahagiaan yang hakiki, kecuali kebahagiaan akhirat.
 
Terakhir, bukankah dengan anda menjadi sholih anda akan menjadi buah teladan anak cucu anda, sehingga mereka akan mengikuti anda, pepatah mengatakan, "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya."
 
Semoga Allah mudahkan kita untuk menjadi hamba-hamba-Nya yang sholih, dan Allah kumpulkan kita bersama keluarga kita di akhirat kelak. Amiin
 
Abu Zubair
 
masjidnursiahdaudpaloh.com

SHARE VIA

Twitter

Penulis: Abu Zubair

Abu Zubair

Profile